ITS Buka Teknik Biomedik lewat Jalur Mandiri

 

Jawapos - 4/7/2015 - Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) membuka program studi (prodi) baru bernama Teknik Biomedik. Jurusan itu sebelumnya merupakan cabang disiplin ilmu Teknik Elektro.

Ketua Prodi Teknik Biomedik ITS Dr. Achmad Arifin M. Eng. mengatakan, pembentukan prodi Teknik Biomedik berawal dari mandat Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) kepada ITS, ITB, UGM dan UI untuk berperan aktif dalam percepatan level S1 bidang biomedik.

Selanjutnya, lanjut Arifin, kesanggupan ITS terhadap hal tersebut ditagih pada 2014. Dibuatlah Teknik Biomedik. Karena bidang ilmu itu berkaitan erat dengan jurusan teknik elektro, dosen jurusan tersebut diminta untuk menyiapkannya. Rektor ITS pun memberikan surat kesanggupan ke DIKTI. Tepat pada 30 Mei lalu, ITS mendapat surat keputusan (SK) dari Menteri Riset dan Teknologi. Izin bagi ITS untuk membuka prodi Teknik Biomedik itu tertuang dalam SK nomor 1.02/MKP/III/2015 terdanda 30 Maret lalu. "Kami baru menjaring mahasiswa baru lewat jalur mandiri karena izinnya baru keluar akhir Maret," terangnya.

Pada tahun pertama, Teknik Biomedik menerima 30 mahasiswa baru. Staff pengajar dan sarana prasarana sudah disiapkan. Bahkan Teknik Elektro sudah mempunyai laboratorium khusus Teknik Biomedik. Untuk tenaga pengajar, ada 11 dosen pengampu dengan latar belakang keilmuan di bidang teknik biomedik. Menariknya, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Prof. Dr. Ir. Mohammad Nuh, DEA, menjadi salah satu bagian di dalamnya. "Bidang studi S-3 beliau ketika di Perancis berkaitan dengan teknik Biomedik," ucap pria lulusan Tohuku University Jepang pada program S-2 dan S-3 tersebut.

Teknik Biomedik, lanjut Arifin, adalah gabungan antara ilmu teknik elektro dan kesehatan. Prodi itu nanti mencetak mahasiswa dalam empat arahan spesialisasi. Yang pertama adalah Instrumentasi Biomedika Cerdas, yang kedua adalah Teknologi Asistif dan Rehabilitasi Medika. Yang ketiga adalah bidang Pencitraan dan Pengolahan Citra Medika, Terakhir bidang Informatika Medika.