[19 Okt 2016] Kuliah Tamu Membangun Integrasi Teknik dan Kedokteran

Kuliah tamu dengan tema “Membangun Integrasi Keilmuan Teknik dan Kedokteran: dari Akademik hingga Klinis dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 19 Oktober 2016. Pembicara dari kuliah tamu ini adalah Dr. Bambang Purwanto, dr. M. Kes, AIFO dari Departemen Ilmu Faal Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga dan Johanes Adi Sasongko,S.T. dari PT Infoglobal Teknologi Semesta.

Pembicara hadir di Jurusan Teknik Biomedik ITS pada pukul 09.15 WIB. Sebelum kuliah tamu dimulai, Pembicara dijamu terlebih dahulu di ruangan AJ201 oleh dosen-dosen dan Ketua Jurusan Teknik Biomedik ITS.

  

 Acara kuliah tamu dimulai pada pukul 09.30 WIB. MC mempersilahkan Bapak Dr. Achmad Arifin selaku Ketua Jurusan Teknik Biomedik ITS memberi sambutan sekaligus membuka acara kuliah tamu. Acara ini dihadiri sebagian besar mahasiswa dan dosen dari Jurusan Teknik Biomedik ITS. Kuliah tamu juga dihadiri oleh beberapa mahasiswa S1 Teknik Elektro, Alumni mahasiswa S1 Teknik Elektro, dan Dosen dari Teknik Elektro dan Teknik Multimedia dan Jaringan ITS. Total peserta kuliah tamu kurang lebih 85 orang.

Acara inti kuliah tamu dimulai dengan moderator dari Bapak Muhammad Hilman Fatoni,S.T.,M.T.. Selama kuliah tamu, banyak hal-hal yang bisa menjadi ide bagi kalangan biomedical engineer terutama ide untuk bagaimana cara untuk mengintegrasikan keilmuan teknik dan kedokteran. Selain itu acara kuliah tamu ini memberikan pengetahuan dan wawasan tambahan kepada mahasiswa Jurusan Teknik Biomedik ITS bagaimana aplikasi klinis dan teknik di dunia medis serta permasalahan yang dihadapi oleh kalangan klinis saat ini, khususnya yang berhubungan dengan faal atau fisiologi manusia dan pada bagian pencitraan. Dari kuliah tamu ini juga terjadi proses pertukaran informasi antara Jurusan Teknik Biomedik selaku pihak insinyur yang berhubungan dengan instrumentasi medis dan Departemen ilmu Faal FK Unair selaku pihak klinis yang berhubungan langsung dengan pasien. Sehingga kedepannya diharapkan dari pertukaran informasi ini bisa menjadi awal untuk melakukan kerjasama antara Teknik Biomedik ITS dengan Departemen Ilmu Faal FK Unair. Acara kuliah tamu diakhiri pada pukul 13.30 WIB dengan pemberian kenang-kenangan kepada para pembicara. Setelah itu acara ditutup dengan sesi foto bersama antara pembicara dan Kepala Jurusan beserta dosen Teknik Biomedik ITS dan dilanjutkan acara makan siang bersama di ruang Istirahat Dosen Jurusan Teknik Elektro ITS.